Memulai Bisnis dengan Modal Kecil, Bisnis Cokelat Rumahan

Bisnis Cokelat Rumahan

Bisnis cokelat rumahan memang salah satu bisnis yang masih jarang ditemukan. Mengapa demikian? Ini karena kurangnya kemampuan pengusaha yang dapat mengolah cokelat dengan rasa yang pas di lidah. Taruh saja merk cokelat seperti Silver Queen. Mereka sudah mempunyai formasi pengolahan cokelat yang sudah terkenal di lidah kita. Untuk itu, butuh keunikan tersendiri jika bisnis cokelat homemade Anda bisa langsung naik daun.

Manfaat Cokelat bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak suka cokelat? Anak-anak sampai orang dewasa pun masih menyukai makanan manis ini. Mulai dari kemasan kecil sampai yang besar, ternyata cokelat menjadi makanan selingan yang bisa membuat bahagia. Biasa dijadikan camilan, rasa cokelat pun menjadi rasa utama di setiap makanan dan minuman. Berikut beberapa manfaat cokelat untuk kita.

Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi mengatakan bahwa coklat terutama coklat gelap dapat membuat Anda terhindar dari peradangan dan penyakit jantung menurut msn.com. Inilah mengapa cokelat itu sangat baik untuk dikonsumsi.

Menjaga otak menjadi sehat dan tajam untuk orang tua

Cokelat tidak baik untuk orang yang sudah berusia lanjut, kata siapa? Dilansir dari nationalgeographic.co.id, seorang ilmuwan menemukan bahwa cokelat dapat membuat pikiran menjadi lebih tajam dan juga menjaga otak agar tetap sehat. Nah, apa yang tidak baiknya? Tidak baik jika Anda mengkonsumsi cokelat biasa dengan bahan pemanis buatan.

Meningkatkan Suasana Hati Penikmat Cokelat

Dilansir dari healt.liputan6.com, cokelat ternyata dapat menyenangkan orang yang menkonsumsninya. Apalagi jika dimakan pada pagi hari. Cokelat akan mengurangi stress dan juga meringankan beban pikiran kita yang sudah bertumpuk.

Menarik bukan? Memang manfaat cokelat ini terbilang banyak. Tapi tetap, jangan sampai Anda mengkonsumsinya terlalu banyak. Apalagi cokelat yang sudah dicampur dengan gula dan pemanis lainnya. Jika Anda terlalu banyak, maka Anda dapat berpotensi penyakit diabetes atau penyakit gula.

Tips Sebelum Membuka Usaha Cokelat Rumahan

Cokelat memang makanan manis yang paling disukai. Pas sekali untuk usaha rumahan karena pembuatannya pun mudah dan hampir semua orang bisa membuatnya jika ingin belajar tentunya. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat cokelat rumahan yang enak ini? Berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin membuka usaha cokelat rumahan.

Rencakan tujuan dan strategi bisnis cokelat Anda

Siapa yang biasanya menyukai cokelat? Taruh saja anak-anak, ataupun ibu rumah tangga yang biasa iseng mencari makanan di rumah. Itulah mengapa bisnis cokelat rumahan bisa menjadi bisnis pas untuk Anda yang inging mempunyai bisnis di rumah.

Lalu, bagaimana strateginya? Cokelat itu dilihat dari keunikan rasa serta keunikan kemasannya. Ada beberapa toko yang sudah terkenal seperti Almond Tree yang menjualkan cookies coklat serta cheese cake coklat agar dapat menarik perhatian pelanggan. Sudah punya ide strateginya sendiri?

Membuat resep cokelat buatan sendiri

Bagaimana mengetahui cara membuat cokelat? Pertama, yang Anda perlukan adalah memilih tipe cokelat yang akan jual. Coklat biasa atau cokelat hitam atau cokelat putih? Pilihlah cokelat yang Anda inginkan. Sudah punya pilihannya? Berikut cara sederhana membuat cokelat sendiri.

  • Potong coklat menjadi potongan kecil. Jika Anda sudah membeli cokelat yang berbentuk kecil, Anda tidak perlu lagi memotongnya,
  • Siapkan panci yang sudah diisi air dan taruh mangkuk kaca tebal yang sudah diolesi mentega diatas panci tersebut,
  • Setelah itu, masukkan cokelat secukupnya dan aduk sampai cokelat semakin meleleh. Anda bisa mencampurkan dengan rasa manis susu untuk cokelat susu, atau pemanis lainnya sesuai dengan kreasi Anda,
  • Siapkan wadah cetak untuk cokelat Anda sendiri. Gunakan wadah cetak yang menarik agar dapat menarik perhatian pembeli seperti cetakan berbentuk beruang, atau bunga,
  • Setelah cokelat meleleh, masukkan lelehan cokelat tersebut ke dalam cetakan dengan porsi yang sesuai dengan isi cetakan Anda. Jangan sampai terlalu sedikit atau terlalu berlebihan,
  • Lalu, Anda dinginkan cokelat Anda. Anda bisa menyiapkan kemasan untuk cokelat Anda. Pilihlah kemasan yang menarik seperti mika. Ini karena mika merupakan plastic transparan yang tebal yang bisa digunakan sebagai display cantik.

Mulai merinci dana yang akan digunakan serta pemasukkannya

Jika Anda ingin membuka usaha, tentunya Anda harus mulai merinci dana dugaan Anda dari pengeluaran serta pemasukkan. Tidak perlu terlalu rinci, Anda hanya perlu menduga berapa banyak pengeluaran yang akan dikeluarkan dan juga banyak produksi serta penjualan cokelat Anda yang akan laku.

Untuk mengetahui rincian harga bahan atau barang yang ingin Anda investasikan, Anda hanya perlu mencarinya di internet atau melakukan survei sendiri seperti di pasar untuk bahannya atau di toko mesin jika Anda ingin menggunakan mesin makanan seperti mesin press plastic contohnya.

Mempunyai Modal Usaha

Bagaimana cara mempunyai modal usaha? Anda tidak perlu khawatir. Pemerintah pun sudah membantu para UMKM yang tengah kesulitan modal usaha dengan Kredit Usaha Rakyat yang terdapat di bank atau lembaga keuangan tertentu. Anda bisa menggunakan rincian modal Anda sebagai proposal Anda untuk meminjam modal usaha cokelat rumahan Anda.

Investasi Mesin untuk Bisnis Cokelat

Kata siapa mesin itu mahal? Memang mesin itu mahal jika Anda membelinya dengan kuantitas yang banyak. Anda tidak perlu seperti itu. Contoh seperti kemasan plastik mika. Anda bisa saja membeli mesin press plastik mika terlebih dahulu. Lalu selanjutnya Anda bisa membeli mesin pemotong plastik agar produksi Anda semakin cepat.

Bagaimana? Mudah bukan membuat bisnis cokelat rumahan ini? Dengan niat yang kuat untuk membuka usaha, Anda bisa membuka usaha cokelat rumahan yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *