Aneka Mesin Kemasan

Mesin kemasan adalah mesin yang digunakan untuk mengemas suatu produk secara otomatis sehingga produknya menjadi lebih menarik dan meningkatkan kualitas produk. Mesin ini biasanya digunakan untuk mengemas hasil produksi baik itu barang olahan, bahan makanan hingga barang konsumsi. Biasanya para pelaku usaha menggunakan mesin kemasan agar produk mereka bisa terhindar dari kerusakan yang bisa mempengaruhi kualitas dan rasa dari suatu produk. Sehingga sangat aman ketika produk didistribusikan.

Sebenarnya untuk mengemas produk bisa dilakukan secara manual hanya saja hasil yang didapat tidak akan serapi dan secepat dengan menggunakan mesin kemasan. Dengan mesin kemasan maka bisa mengemas produk dengan waktu 2 hingga 15 menit sekali mengemas. Tergantung dari jenis produk yang dikemas. Mesin kemasan bukan hanya bisa mengemas makanan namun juga bisa mengemas minuman, bahan mentah maupun bahan olahan. Cara kerja mesin kemasan pun berbeda-beda tergantung jenisnya ada yang perlu menggunakan operator ada yang otomatis tanpa operator. Ada yang menggunakan tangan sebagai pengemasnya ada yang menggunakan sistem pijakan kaki. Bahkan ada yang tanpa menggunakan keduanya sudah diotomasi dengan komputer.

Jika Anda ingin membeli mesin kemasan tentunya harus disesuaikan dengan jenis produk yang Anda jual. Selain itu disesuaikan juga dengan pengemasnya apakah plastik, kertas atau karton. Karena mesin kemasan disesuaikan dengan dengan pengemas. Selain mengemas biasanya mesin kemasan juga terdapat alat penyegel dan pengkoding yang berfungsi untuk menyegel dan mencetak kode produksi hingga kode kadaluwarsa. Biasanya mesin pengemas juga dilengkapi dengan panel kontrol sehingga bisa mengemas berbagai model kemasan disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang ingin membeli mesin kemasan ini, ada baiknya Anda membaca artikel di bawah ini. Beberapa jenis mesin kemasanan yang direkomendasikan untuk para pelaku usaha baik  makanan, minuman, maupun produk lainnya. Yang akan dideskripsikan secara detail spesifikasikan dan kegunaannya bahkan harganya. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Dengan begitu produk tersebut bukan hanya menarik namun juga bisa meningkatkan nilai jual.

Mesin Hand Sealer

Mesin Hand Sealer

Lihat Produk

Mesin hand sealer adalah mesin yang digunakan untuk mengemas plastik dengan bentuk atau ukuran yang relatif kecil dibandingkan dengan mesin pengemas lainnya. Mesin ini bekerja dengan aliran listrik yang akan melelehkan plastik kemasan dan menjadikan plastik tersebut merekat. Biasanya mesin hand sealer digunakan sebagai mesin pengemas makanan ringan seperti snack. Namun bisa juga digunakan untuk makanan yang berbentuk bubuk seperti kopi. Meskipun ukuran kecil namun mesin hand sealer mampu menghasilkan seal yang tahan bocor. Sehingga bisa menjaga kualitas produk di dalamnya. Mesin ini menggunakan bahan material aluminium sehingga tahan karat dan ringan untuk dibawa-bawa.

Mesin Foot Sealer

Mesin Hand Sealer

Lihat Produk

Foot sealer adalah mesin kemasan yang untuk mengemas makanan dengan menggunakan pijakan kaki.Mesin ini juga disebut sebagai mesin pres atau penyegel plastik yang digunakan dengan sistem pedal. Prinsip kerja pada mesin penyegel plastik dengan menginjak pedal sementara tangan digunakan untuk memasukkan produk yang dikemas. Mesin foot sealer bisa digunakan untuk mengemas berbagai jenis plastik yang memiliki bahan dasar seperti PVC, PE, PP, Alumunium Foil, Sellophone, Copper Foil. Tin Foil dan campuran dari polystyrene.

Continuous Sealer

Mesin Hand Sealer

Lihat Produk

Continuous sealer adalah mesin yang digunakan untuk mengemas plastik yang dilengkapi dengan kode produksi serta kode kadaluwarsa (expire date). Mesin ini digunakan agar produknya menjadi lebih awet, tahan lama, tidak cepat rusak dan lebih renyah hingga ke konsumen atau tidak melempem.
Mesin continuous sealer ini digunakan untuk mengemas plastik dengan teknologi semi otomatis dan mesin ini digunakan untuk menyegel semua jenis barang. Misalnya teh, kopi, snack, obat-obatan, bahan kimia, rempah-rempah dan lain-lain.

Vacuum Sealer

Vacuum Sealer

Lihat Produk

Mesin vakum atau vacuum sealer adalah mesin yang biasanya digunakan untuk mengemas produk dengan cara menghampakan udara yang berada di dalam plastik kemasan. Sehingga bukan hanya sebagai alat pengemas namun juga bisa menghindarkan produk dari kerusakan yang disebabkan oleh udara di dalam kemasan. Karena tidak adanya kerusakan biologis sehingga produk tetap dalam keadaan segar. Selain itu makanan yang tersimpan awet dan tahan lama. Vacuum sealer biasanya dimanfaatkan untuk mengemas produk seperti ikan, roti, bakso, sosis dan lainnya. Cara kerja mesin ini adalah dengan memasukkan produk yang akan divakum kemudian menyettingnya dengan suhu panas yang sesuai dengan keinginan kemudian udara akan menjadi hampa dan plastik mereka.

 Mesin Coding

Mesin Coding

Lihat Produk

Mesin coding adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencetak kode dan tanggal produksi dan kadaluwarsa secara otomatis sesuai dengan penyetingan operator. Dengan dicantumkan kedua tanggal tersebut maka tingkat kepercayaan konsumen semakin tinggi. Karena kedua kode tersebut mencerminkan kualitas dari produk Anda. Sehingga nilai jual produk Anda otomatis akan meningkat, Mesin ini bukan hanya untuk makanan namun bisa digunakan untuk minuman atau produk lainnya yang mempunya masa kadaluwarsanya. Mesin ada beraneka macam ada yang menggunakan tangan dalam pengoperasian ada juga yang dilengkapi pedal kaki. Mesin ini juga dilengkapi dengan pemanas konstan dan tahan lama. Sehingga bisa digunakan berkali-kali dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu mesin juga memiliki pita dan ink roller sehingga cetakan kode akan sangat rapi dan mudah untuk dibaca,

Mesin Cup Sealer

Mesin Cup Sealer

Lihat Produk

Mesin cup sealer adalah sebuah mesin yang biasanya digunakan untuk mengemas minuman gelas plastik. Cup sealer biasanya ditemui di pedagangan minuman dingin dan jus. Dengan mesin cup sealer ini maka minuman Anda bisa terjaga dari kebocoran jika dibandingkan dengan ditutup dengan cup saja. Mesin ada berbagai jenis, ada yang manual yakni operator harus terlibat untuk menggulungkan rol plastik kemudian diletakan tepat di atas gelas kemudian baru diseal. Ada juga mesin cup sealer semi otomatis yang dilengkapi dengan sensor sehingga bisa membaca kode yang terdapat pada plastik. Sehingga bisa langsung melakukan pengesalan namun tetap membutuhkan operator. Dan terakhir mesin full otomatis di mana operator hanya meletakan gelas plastik tanpa harus mendorongnya secara otomatis. Sehingga operator masih bisa melakukan pekerjaan lain selama pengesealan.

Mesin Shrink

Mesin Shrink

Lihat Produk

Mesin shrink adalah mesin yang digunakan untuk menyusutkan udara sehingga plastik pada kemasan bisa mengikuti pola dan bentuk pada produk yang dikemas. Cara kerja mesin ini menggunakan teknologi element hitter yang bekerja dengan cara memberikan udara panas pada plastik sehingga plastik bisa menyusut dan merekat sempurna pada produk yang akan dibungkus. Mesin ini sangat populer digunakan di kalangan industri. Contoh produk yang menggunakan mesin shrink adalah buku, batu baterai, dus handphone, mesin sparepart dan lain-lain.

Mesin Penutup Botol

Lihat Produk

Mesin capping atau mesin penutup botol adalah mesin yang digunakan untuk menutup botol baik itu bahan beling (kaca) maupun botol plastik. Mesin ini bisa menutup botol dengan sangat cepat, higienis dan merekat dengan sempurna. Sehingga cairan dalam botol tidak akan tumpah meski diletakan dalam posisi yang terbalik. Mesin capping juga bisa menjamin mutu dan kualitas dari cairan yang ada didalamnya karena tersegel dengan rapi sehingga terhindar kontaminasi dari udara dan bakteri luar. Sehingga ketika di tangan konsumen masih segar. Mesin ini bisa mengemas botol dengan sangat cepat dibandingkan dengan pengemasan yang dilakukan secara manual

Mesin Strapping

Mesin Strapping

Lihat Produk

Mesin strapping adalah salah satu jenis mesin kemasan yang biasanya digunakan untuk mempacking kardus sehingga lebih mudah dibawa dan kuat ketika digenggam. Mengemas dengan mesin strapping maka kemasan karton tidak mudah terbuka atau rusak ketika diangkat menggunakan benda yang berat sejenis katrol. Mesin Strapping menggunakan tali strap yang berbahan polyethylene untuk barang yang tidak terlalu berat dan tali berbahan seng atau lempengan besi untuk barang yang memiliki bobot besar. Mesin strapping sendiri menggunakan desain yang khusus dengan material pilihan dengan menggunakan bahan PE& PET, tali yang memang kuat untuk mengangkat beban yang berat namun harganya tetap murah. Dengan menggunakan mesin strapping maka operator jadi tidak berat ketika mengangkat barang ke atas mesin. Selain ini produk disegelnya akan sangat rapi, hemat biaya dan waktu.

Mesin Induksi

Mesin Induksi

Lihat Produk

Mesin induksi adalah mesin pengemas atau mesin press plastik yang biasanya digunakan untuk menyegel botol. Mesin ini menggunakan teknologi yang sederhana dengan menghantarkan panas secara induksi sehingga bisa memanaskan foil tanpa harus membakar lapisan plastik dan kertas di induksi iner. Dengan begitu foil bisa menempel pada botol dengan syarat lapisan induksi liner sama dengan material botol yang akan dikemas. Misalnya ingin mengemas botol yang terbuat dari bahan PET maka pastikan liner Anda juga memiliki lapisan PET. Dengan begitu maka botol akan merekat dengan sempurna, tertutup rapat. Sehingga produk akan terjaga kualitasnya hingga ke tangan konsumen. Mesin sealer induksi memiliki keunggulan yakni suhunya konstan sehingga bisa digunakan untuk berkali-kali dalam jumlah yang banyak. Dan sudah teruji minim dalam kesalahan dalam proses induksi sehingga bisa mengurangi foil yang terbuang karena gagal.

Mesin Carton Saler

Mesin Carton Saler

Lihat Produk

Carton sealer adalah mesin pengemas karton atau barang yang disimpan dalam sebuah produk. Alat ini digunakan untuk mengemas karton atau kardus dengan cara melipat kemudian membentuknya seperti kardus. Setelah produk disegel seperti pada mesin vacuum sealer. Penyegelan yang dilakukan secara rapi dan sesuai dengan penyetingan. Dengan dikemas menggunakan mesin ini maka produk akan aman dari kerusakan dan rusak. Mesin ini banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan besar seperti AQUA, Club dan lain-lain. Keunggulan mesin ini bisa mengeseal produk meski boxnya pendek hanya 10 cm saja. Mesin ini juga unggul dalam pengemasan karena lebih presisi dan rapi selain itu desainnya ergonomis tidak memakan tempat, mudah dipindahkan dan dioperasikan. Mesin ini juga sangat cepat dalam proses pengemasan juga penyegelan karena hanya membutuhkan satu kali proses saja.

Mesin Skin pack & Blister

Lihat Produk

Mesin Skin Blister adalah mesin yang digunakan untuk menempelkan cetakan thermoforming yang telah tersedia sehingga menempel dengan kertas yang sudah dilapisi dengan lem yang khusus. Contohnya adalah batu baterai. Mesin ini bisa melindungi produk dari noda, debu dan kotoran. Selain itu mesin ini juga bisa melindungi produk yang ada di dalamnya sehingga tidak terkontaminasi dengan berbagai jenis bahan lain sehingga produk sampai ke tangan konsumen dengan sangat baik. Cara memilih mesin skin blister yaitu dengan mengetahui sekat yang baik untuk sinar ultraviolet yang memiliki permeabilitas gas dan uap air yang sangat rendah. Mesin skin blister digunakan juga untuk melindungi bahan-bahan seperti obat karena digunakan untuk mengemas kapsul dan tablet.

Piston Filling

Mesin Induksi

Lihat Produk

Dengan menggunakan mesin ini, Anda akan dapat mengisi kemasan dengan produk Anda dengan bentuk yang kental seperti pasta. Contohnya yaitu saus, shampo atau pembersih rambut, pestisida, kecap dan produk-produk cairan kental lainnya. Sangat cepat dan efisien dibandingkan menggunakan cara biasa dimana Anda harus menggunakan corong terlebih dahulu untuk memasukkan cairan ke dalam botol. Anda juga tidak perlu mengukut takaran cairan tersebut karena Anda bisa mengontrolnya lewat kontrol panel yang sudah tersedia pada mesin rumah tangga ini. Takarannya pun sangat pas dibandingkan dengan kita yang menghitung takarannya sendiri.

Cup Filling

Mesin Carton Saler

Lihat Produk

Vertical Filling

Lihat Produk