Jenis-Jenis Mesin UKM

Mesin UKM adalah sekumpulan mesin yang digunakan oleh para pengusaha UKM untuk membantu usahanya. Mesin UKM banyak jenisnya mulai dari mesin produksi olahan makanan, mesin memproduksi makanan jadi hingga mesin kemasan untuk membantu usaha para pelaku UKM. Dengan mesin tersebut para pelaku UKM bisa mempercepat proses produksi, pengemasan hingga pendistribusian. Sehingga dengan mesin tersebut para pelaku usaha bisa menggunakan waktu seminim mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Usaha pun semakin berkembang.

Mesin UKM bisa dikelompokkan sesuai dengan fungsinya sesuai dengan jenis usahanya seperti Vacuum frying mesin UKM yang digunakan untuk mengolah bahan makanan seperti sayur, buah, dan umbian-umbian yang diolah menjadi keripik. Mesin spiner yang digunakan untuk mengeringkan bahan makanan mentah dan jadi. Mesin presto yang digunakan untuk memasak dengan metode uap panas yang bertemperatur yang tinggi. Mesin penepung yang digunakan akan menghaluskan bahan makanan dan diubah menjadi bahan tepung yang serbaguna. Mesin pemeras santan digunakan untuk memeras parutan buah kelapa dan diolah menjadi santan. Mesin penggiling cabe untuk menghaluskan cabe dengan tingkat penggiling. Dan lain-lainnya.

Meski mesin-mesin ini dibutuhkan oleh para pelaku UKM namun tak sedikit juga pengusaha yang masih mempertimbangkan untuk membeli mesin ini. Dengan alasan yang mahal. Padahal bisa dikatakan bahwa mesin Usaha Kecil dan Menengah ini merupakan investasi jangka panjang. Mesin ini bisa dikerjakan secara mudah dan otomatis. Sehingga bisa menghemat waktu, tenaga dan tentu saja biaya. Dengan mesin UKM para pengusaha bisa menghemat tenaga kerja sehingga mereka tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar para karyawan. Uangnya bisa dibelikan mesin lagi atau bisa juga untuk mempromosikan produk mereka

Vacuum Frying

Lihat Produk

Vacuum frying adalah mesin yang digunakan untuk membuat keripik yang terbuat dari buah dan sayur secara otomatis. Mesin ini menggunakan bahan bakar gas sehingga lebih cepat dalam memasak. Selain itu mesin ini juga bisa digunakan untuk memvakumkan dengan menggunakan tenaga listrik sehingga bisa mengurangi kadar air pada buah atau sayur. Sehingga meskipun air dan sayur ini memiliki kadar air yang tinggi seperti melon tetap bisa dijadikan keripik yang garing. Keripik yang dihasilkan pun sangat garing dan rasanya tak berubah. Selain itu mesin ini juga tak akan membuat nutrisi dari buah dan sayur tersebut hilang karena digoreng pada suhu <100 derajat yang disertai dengan pemvakuman. Dan meskipun dalam proses pemvakuman tidak akan rusak teksturnya dan tak akan gosong. Selain itu vacuum frying juga bisa membuat keripik menjadi lebih awet dan tahan lama.

Mesin Spinner

Lihat Produk

Mesin spinner adalah mesin UKM yang digunakan untuk meniriskan atau mengeringkan minyak. Mesin ini disebut juga dengan mesin pemeras atau mesin penapis. Mesin ini bisa menghilangkan kandungan minyak dengan cara meniriskannya pada sebuah keranjang yang berputar. Spinner ini memiliki kadar minyak yang bisa ditiriskan hingga kering dan bisa membantu meningkatkan kualitas makanan menjadi lebih awet, gurih dan renyah. Mesin peniris ini bisa mengurangi kandungan minyaknya hingga 80 persen tanpa merusak cita rasa dan teksturnya. Biasanya mesin ini digunakan untuk meniriskan kerupuk, keripik dan kacang-kacangan. Selain itu mesin spinner ini bisa membuat makanan lebih renyah, makanan tidak cepat tengik, tahan lama dan bisa menurunkan kadar kolesterol karena minyaknya berkurang.

Mesin Presto

Lihat Produk

Mesin presto adalah salah satu mesin yang digunakan agar daging dan tulang menjadi lunak. Mesin ini memang bisa menghasilkan uap dan temperatur yang tinggi sehingga bisa menghasilkan masakan yang lebih matang dan lunak sehingga bisa dimakan. Mesin presto ini ternyata bisa menghasilkan makanan yang lebih meresap bumbunya. Sehingga makanan menjadi lebih empuk dan enak. Bentuk mesin ini sebenarnya seperti panci biasanya namun bisa memasak dengan waktu yang singkat. Karena mesin ini memiliki teknologi yang bisa menghasilkan temperatur yang tinggi bisa mencapai 100 derajat Celsius. Sehingga bisa mematangkan dengan sempurna dengan waktu yang singkat. Mesin ini cocok untuk usaha kuliner, untuk membuat bandeng presto, bebek presto, ayam tulang lunak dan lain-lain.

Mesin Penepung

Lihat Produk

Mesin penepung adalah mesin yang digunakan untuk membuat tepung dari berbagai jenis biji-bijian, umbi-umbian, sayuran dan buah-buahan. Mesin penepung ini bisa membuat tepung dari cabai, beras, kedelai, jagung, kopi, ikan dan lain-lain. Mesin ini bisa membuat tepung dengan waktu yang cepat dan tingkat higienis yang tinggi karena bisa dioperasikan tanpa harus menyentuh bahan yang akan dijadikan tepung. Alat penepung ini dilengkapi dengan saringan yang bisa menyaring hingga sangat kecil. Sehingga didapatkan tepung yang benar-benar lembut. Agar bisa menepungkan secara maksimal ada baiknya sebelum dikeringkan makan bahan bakunya dikeringkan terlebih dahulu. Cara menggunakan mesin ini cukup mudah dengan memasukkan bahan ke corong kemudian disetel control panel pengaturannya maka bahan akan diproses menjadi tepung dalam waktu beberapa menit saja tergantung dari jenis bahan. Jika bahannya keras dari umbi-umbian dan bijian biasanya memakan waktu yang lama.

Mesin Giling Cabe

Lihat Produk

Mesin giling cabai adalah mesin yang digunakan untuk menggiling cabai dengan aneka tingkat kehalusan yang bisa disesuaikan. Mesin giling cabai ini mampu menghaluskan cabai dengan waktu cepat dalam jumlah banyak. Kapasitasnya 20-100 kg per jamnya tergantung dari tipe mesin giling cabai. Selain ini mesin giling ini bukan sekedar bisa menghaluskan cabai namun juga bisa menghaluskan bawang putih, ketumbar, kemiri, bawang merah, kunyit, jahe dan bumbu dapur lainnya. Dibandingkan dengan blender mesin ini memiliki keunggulan karena bisa menghaluskan tanpa harus menambahkan air pada bahan. Sehingga yang didapat cabai atau bumbu halus yang kering. Mesin ini dilengkapi dengan batu gerindra yang bisa menggilas bumbu dengan jarak yang bisa diatur sehingga bisa menghasilkan tekstur bumbu sesuai dengan keinginan. Bisa menghasilkan gilingan bumbu yang halus ataupun kasar.

Mesin Pasteurisasi

Lihat Produk

Mesin pasteurisasi adalah mesin yang digunakan untuk mensterilkan produk dan bakteri yang menyebabkan penyakit pada suhu yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak merusak produk dan produk aman untuk konsumsi. Mesin pasteurisasi ini biasanya digunakan untuk melakukan pasteurisasi susu, sirop, sari buah dan lain-lain. Mesin ini memiliki sistem pemanas yang bisa menghilangkan mikroorganisme atau kuman yang bisa bertahan lebih lama. Proses ini bisa menggunakan suhu panas yang bisa disesuaikan. Selain itu minuman yang telah dipasteurisasi tak akan mengalami kerusakan karena bisa menghasilkan minuman ringan yang terbebas dari kuman penyakit, higienis dan berkualitas yang tinggi.

Mesin Pemarut Kelapa

Lihat Produk

Mesin pemarut kelapa adalah mesin yang digunakan untuk mengolah kelapa bulat menjadi kelapa parut kemudian diolah lagi menjadi santan. Mesin parutan ini bisa memarut dan memeras kelapa dengan sangat singkat dibandingkan dengan parutan dan pemeras manual. Mesin ini mampu mengubah kelapa menjadi santan 20 kg hingga 90 kg per jam. Dengan daya listrik mulai dari 200 watt hingga 750 watt. Mesin ini menggunakan penggerak motor listrik dengan bahan material stainless steel yang anti karat, food grade. Mesin ini juga dilengkapi dengan jenis mata parut yang disesuaikan ada mata jenis rapat, mata parut sedang dan mata parut yang lebar sehingga bisa memeras kelapa dengan sempurna. Mata parut rapat bisa membuat santan untuk keperluan masak. Mata parut yang sedang dan lebih besar yang digunakan untuk membuat minyak kelapa. Dan mata parut yang lebar yang mata parutnya renggang dan jarang yang bisa digunakan untuk membuat parutan untuk bahan baku kue atau tepung kelapa.

Mesin Pemeras Santan

Lihat Produk

Mesin pemeras santan adalah mesin yang digunakan untuk memeras kelapa parut menjadi santan dengan cara otomatis. Mesin ini bukan hanya bisa memeras kelapa namun bisa digunakan untuk memeras sari buah hingga VCO/ minyak kelapa sawit secara otomatis. Dengan mesin ini tentunya lebih hemat dalam pengerjaannya, santan dan minyak jadi lebih cepat hemat, efisien dan kuantitasnya banyak. Bisa memeras dari 30-100 kg/jam. Mesin ini memiliki keunggulan terbuat dari bahan stainless steel yang berkualitas dan anti karat, mudah dibersihkan, memiliki tenaga motor dan kapasitas yang besar.

Mesin Pencampur Bumbu

Lihat Produk

Mesin Pencampur bumbu adalah mesin yang di gunakan untuk mengaduk aneka variasi bumbu olahan untuk di gunakan dengan bahan makanan utama. Mesin ini di rancang sedemikian rupa agar anda mendapatkan hasil racikan bumbu yang merata dan pas.

Mesin Peranjang Umbi

Lihat Produk

Merajang umbi termasuk salah satu kegiatan yang cukup meyulitkan dan melelahkan. Dalam melakukan kegiatan ini biasanya menggunakan cara manual / tradisonal dengan menggunakan pisau atau parutan

Mesin Sangrai Kopi

Lihat Produk

Wiratech menjual Mesin Sangrai Kopi Berkualitas tinggi, cocok untuk anda para pengusaha yang bergerak di bidang kopi / minuman kopi. Mesin ini sangat cocok untuk mengolah kopi bubuk, kacang, roti,dll.

Mesin Pengaduk Dodol

Lihat Produk

Mesin Pengaduk dodol di gunakan untuk produksi camilan dodol rumahan ataupun resto, ukuran yang di tawarkan cukup lengkap dengan garansi mesin 1 tahun. Kami memberikan jaminan mesin yang kami tawarkan mempunyai kualitas terbaik dengan harga paling murah di kelasnya

Mesin Oven Pengering

Lihat Produk

Mesin Oven Pengering Bahan bakar gas, tersedia dengan berbagai tipe dan ukuran yang Anda inginkan

Mesin Penghancur Plastik

Lihat Produk

Mesin Penghancur Plastik di buat untuk mengolah limbah plastik menjadi lebih ramah lingkungan dan mudah di urai. Dengan mesin ini permasalahan anda akan limbah plastik menjadi dapat teratas dengan baik