Resep Kue Nastar, Cocok untuk Hari Lebaran dan Bisnis Kue Kering

resep kue nastar

Resep kue nastar. Pasti kata kunci itulah yang sering dicari oleh para pengguna internet saat menjelang hari lebaran. Masyarakat berlomba-lomba untuk membuat kue nastar yang lembut dan lezat. Apalagi, kue nastar selalu menjadi kue yang wajib hadir di saat perayaan hari besar seperti lebaran maupun natal dan imlek.

Rasa gurih yang bercampur dengan manis dan asam dari selai nanas selalu berhasil memanjakan lidah dan membuat ketagihan para penikmatnya. Tak hanya rasa, kini nastar telah berinovasi ke dalam bentuk yang berbeda-beda. Jika dulu nastar hanya berbentuk bulat, sekarang nastar sudah banyak dikreasikan menjadi bentuk lain.

Daftar Juga : Kursus Membuat Kue Kering

Berikut resep kue nastar enak dan renyah yang bisa langsung Anda praktekan di rumah. Bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan

Cara Membuat Kue Nastar

Bahan untuk Nastar

  • Tepung Terigu 300gr
  • Gula Halus 90gr
  • Kuning Telur 4 Butir
  • Mentega 150gr
  • Tepung Maizena 50gr
  • Margarin 100gr
  • Keju Parut secukupnya
  • Susu Bubuk 50gr
  • Susu Cair 1sdm

Bahan untuk Selai Nanas

  • Nanas Segar 4buah
  • Gula Pasir 200gr
  • Kayu Manis 1batang
  • Garam 1sdt

Cara Membuat Selai Nanas

  1. Blender buah nanas hingga halus
  2. Siapkan wajan dengan api kecil, masukkan nanas yang sudah diblender ke dalam wajan
  3. Aduk terus nanas yang sedang dimasak hingga airnya menguap
  4. Masukkan gula pasir, garam, dan kayu manis
  5. Aduk hingga rata sampai nanas mengental
  6. Angkat dan dinginkan

Cara Membuat Nastar

  1. Masukkan mentega, margarin dan gula halus kedalam wadah. Kocok selama dua menit menggunakan mixer dengan kecepatan rendah
  2. Masukkkan dua butir kuning telur satu per satu, lalu kocok lagi dengan mixer
  3. Masukkan tepung maizena, tepung terigu, dan susu bubuk diwadah lain. Campur hingga rata
  4. Tuang sedikit demi sedikit tepung yang tadi sudah dicampur ke dalam adonan pertama. Kocok menggunakan spatula hingga rata
  5. Setelah adonan jadi, bentuk adonan menjadi bulat. Pipihkan sedikit, lalu isi dengan selai nanas. Lalu tutup, dan bentuk bulat lagi
  6. Oleskan loyang dengan mentega, letakkan nastar yang sudah dibentuk diatas loyang
  7. Masukkan ke dalam oven bersuhu 150derajat celcius selama 15 menit
  8. Selagi menunggu nastar yang sedang dipanggang, campurkan susu cair, madu, dan dua butir kuning telur
  9. Setelah 15 menit keluarkan nastar dari dalam oven
  10. Olesi nastar dengan susu cair, madu, dan kuning telur yang telah dicampur tadi. Taburkan juga keju parut
  11. Masukkan kembali nastar ke dalam oven, lalu panggang hingga matang
  12. Setelah matang, keluarkan dari dalam oven
  13. Dinginkan, dan kue nastar siap dihidangkan

Daripada hanya dimakan sendiri, tak ada salahnya jika Anda mencoba menjual kue nastar yang Anda buat. Usaha kue kering termasuk bisnis yang cukup menjanjikan karena peminatnya sangat banyak. berikut tips berbisnis kue nastar

Tips Berbisnis Kue Nastar

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mencoba memulai usaha, Anda bisa mencoba melihat beberapa tips berikut sebelum maupun saat memulai usaha kue kering tersebut

Pilih Jenis Kue yang Akan dijual

Pemilihan jenis kue kering yang akan dijual bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika Anda mahir membuat kue lain, selain kue nastar, Anda juga bisa membuat lebih dari satu variasi kue yang bisa dijual. Tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi usaha nada, karena pelanggan dapat memilih jenis kue yang mereka inginkan.

Berikan Sentuhan Unik dan Menarik

Saat ini, bentuk kue kering telah bervariasi. Mulai dari bentuk keranjang, ulat bulu, hingga bentuk karakter. Menerapkan sentuhan unik dan menarik pada bentuk kue akan membuat banyak orang merasa tertarik untuk membelinya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan varian rasa maupun warna yang berbeda pada kue buatan Anda.

Penampilan yang Menarik

Meskipun rasa kue merupakan hal yang utama, namun penampilan dari kue tersebut merupakan hal pertama yang dilihat oleh pembeli. Penampilan yang menarik juga bisa menggugah daya minat pembeli. Buat kemasan yang unik dan sesuaikan dengan jenis kue yang Anda buat.

Baca Juga : Kemasan Unik dan Kreatif untuk Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan

Perhatikan Masa Kadaluarsa

Penting sekali untuk memperhatikan masa kadaluarsa sebuah produk makanan. PAstikan Anda mengetahui kapan dari batas kadaluarsa setiap kue yang Anda buat. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasan, agar pelangan Anda tidak merugikan konsumen.

Bidik Pasar

Jika Anda merupakan pengusaha pemula, ada baiknya jika menawarkan kue ke orang terdekat terlebih dahulu.Tawarkan kepada tetangga, teman, maupun saudara  dengan memberikan sedikit sampel untuk dicicipi.

Pasarkan Melalui Internet

Anda juga bisa menawarkan dan menjual kue kering yang Anda buat melalui internet. Menggunakan internet akan memperluas jangkauan bisnis Anda, sehingga bisa lebih cepat mendapatkan pelanggan. Cara ini cukup membantu terutama untuk Anda yang memulai bisnis dengan modal terbatas.

Kue kering, khususnya kue nastar memiliki penggemar yang berasal dari semua kalangan. Membuat kue kering memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, tak semua pembuat kue bisa menghasilkan kue dengan rasa yang pas dilidah semua orang.  Buatlah kue dengan sepenuh hati, maka kue kering yang Anda buat akan disukai oleh semua orang. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *