Bingung Bagaimana Cara Memulai Usaha Bakso? Ini Dia Resep dan Tipsnya

cara memulai usaha bakso

Siapa yang tidak mengenal bakso? Bisa dikatakan, bakso merupakan makanan semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga dewasa, tua dan muda, semuanya menyukai bakso. Banyaknya bisnis bakso yang bermunculan, membuat pebisnis pemula menjadi bingung mengenai cara memulai usaha bakso.

Berbisnis memang membutuhkan strategi yang matang agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Perencanaan harus dibuat baik-baik supaya bisnis tersebut tidak berjalan sia-sia. Mulailah dengan cara mencari resep yang cocok untuk usaha Anda. Berikut resep membuat bakso yang bisa Anda praktekkan

Cara Membuat Bakso

Bahan-bahan

  • Daging Sapi
  • 50gr Tepung Kanji
  • 1 Butir Telur
  • Lada Bubuk
  • 1sdt Garam
  • 4 Siung Bawang Putih, Haluskan
  • Es Batu
  • 2L Air Es

Cara Membuat Bakso

  1. Masukkan daging sapi yang telah digiling ke dalam wadah
  2. Campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, dan bawang putih yang sudah dihaluskan
  3. Campur dan uleni semua bahan tersebut
  4. Jika adonan masih lembek dan sulit dibentuk, Anda bisa menambahkan es batu secara perlahan sampai adonan bisa dibentuk
  5. Rebus air di dalam panci hingga mendidih
  6. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat dengan satu tangan. Tekan hingga adonan keluar melalui sela-sela jari telunjuk dan jempol
  7. Masukkan adonan tersebut ke dalam air panas yang tadi telah dimasak
  8. Jika bakso telah mengapung, maka angkat dan letakkan diwadah terpisah

Mesin yang dibutuhkan Saat Membuat Bakso

Saat menjalankan bisnis, Anda pasti akan membuat bakso yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Agar lebih mudah dan cepat, Anda perlu menggunakan beberapa mesin yang bisa digunakan saat membuat bakso. Berikut beberapa mesin yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga : Lirik Usaha Bakso Kemasan di Minimarket, Seberapakah Keuntungannya?

Mesin Penggiling Daging

Bahan utama bakso ialah daging sapi. Jadi, Anda membutuhkan mesin penggiling daging agar menghasilkan tekstur daging yang lembut. Dengan mesin ini, Anda akan lebih mudah saat ingin menghancurkan dan menghaluskan daging. Biasanya mesin penggiling daging terbuat dari bahan stainless steel. Selain membuat mesin menjadi lebih tahan lama, penggunaan staniless steel juga membuat rasa daging tetap natural.

Mixer

Setelah daging dihaluskan dengan mesin penggiling daging, Anda harus mencampurkan daging tersebut dengan bumbu-bumbu yang telah diracik. Agar lebih mudah, gunakan mixer sebagai pengaduknya. Mixer yang digunakan, bukanlah mixer khusus. Hanya mixer biasa yang bisa digunakan untuk mencampur semua adonan. Jika Anda memiliki mixer roti, Anda bisa menggunakannya agar adonan tercampur rata.

Mesin Pencentak Bakso

Setelah adonan jadi, Anda tinggal mencetaknya saja. Agar lebih mudah, gunakan mesin pencetak bakso. Dengan menggunakan mesin, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, bentuknya pun akan lebih indah karena semua bakso yang dihasilkan berbentuk sama dan bulat sempurna.

Tidak ada lagi kata bingung untuk memulai bisnis. Banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Jadi, segeralah membuka bisnis dan temukan peluang usahanya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *