Raup Gurihnya Untung dari Bisnis Ayam Saus Telur Asin

saus ayam telur asin

Selain ayam geprek, ayam saus telur asin atau yang dikenal dengan salted egg chicken juga tengah menjadi makanan yang sedang banyak dicari. Salted edd chicken merupakan makanan berbahan dasar ayam yang dibalur dengan saus telur asin. Banyak cafe dan resto yang menyajikan salted egg chicken sebagai menu utamanya.

Melihat hal tersebut Anda, tertarikkah Anda untuk membuka usaha salted egg chicken? Sebelum menjalankan bisnisnya, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mencari tahu cara membuat salted egg chicken terlebih dahulu. Tenang saja, berikut resep salted egg chicken

Cara Membuat Ayam Saus Telur Asin (Salted Egg Chicken)

Bahan untuk Ayam

  • 250gr Dada Ayam Fillet
  • 1 Butir Telur
  • Tepung Maizena Secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Lada Bubuk Secukupnya

Bahan untuk Saus Telur Asin

  • 3 Butir Kuning Telur Asin
  • Air Putih Secukupnya
  • 2 Lembar Daun Salam
  • Dua Biji Cabe Keriting
  • 2 sdm Margarin
  • Garam Secukupnya
  • Lada Secukupnya
  • 3 Siung Bawang Putih
  • Susu Cair Secukupnya

Cara Membuat Ayam Tepung

  1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong
  2. Taburi ayam dengan garam, lada
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Cemplungkan potongan daging ayam tadi ke dalam kocokan telur dan balut dengan tepung terigu
  5. Goreng dengan penggorengan atau deep friyer hingga kecoklatan.
  6. Lalu angkat dan tiriskan

Cara Membuat Saus Telur Asin

  1. Hancurkan kuning telur asin yang sudah matang.
  2. Campur dengan santan dan air secukupnya
  3. Tumis campuran kuning telur tersebut, lalu tambahkan, susu cair, daun salam, cabai rawit merah, gula dan garam
  4. Tunggu sampai saus telur asin matang dan mengeluarkan busa
  5. Campurkan potongan daging ayam yang sudah digoreng tadi
  6. Kecilkan api dan aduk hingga merata
  7. Ayam saus telur asin siap disajikan

Inovasi Usaha Kuliner Berbahan Telur Asin

Agar bisnis kuliner bisa bertahan lama, salah satu strategi yang harus Anda lakukan ialah membuat inovasi pafda bisnis kuliner yang Anda jalankan. Misalnya dengan mengubah bentuk, rasa, maupun cara penyajian atau memasaknya.

Baca Juga : Dijamin Bikin Ketagihan, Ini Dia Resep Ayam Geprek Enak dan Mudah

Telur asin sendiri sebenarnya merupakan makanan yang mudah ditemukan di Indonesia. Banyak peternak-peternak bebek yang menjual telur asin, sebelum diolah lagi menjadi berbagai jenis makanan. Bukan hanya ayam saus telur asin saja, namun Anda juga bisa membuat inovasi-inovasi lainnya. Berikut beberapa menu telur asin yang bisa dijadikan sebagai inovasi produk bisnis Anda

Black Widow

Walaupun namanya terdengar menyeramkan, black widow hanyalah bakpao berwarna hitam yang didalamnya terdapat saus telur asin. Saat bakpaonya digigit, maka lelehan saus telur asin akan keluar. Black widow memadukan rasa manis dan asin yang pas dilidah masyarakat Indonesia.

Salted Egg Croissant

Seperti namanya, roti khas prancis ini dipadukan dengan saus telur asin. Penyajiannya mirip dengan black widow, saus telur asin akan menyeruak keluar ketika roti croissant digigit. Sensasi crunchy diluar, lembut, dan meleleh di dalam akan dirasakan sejak gigitan pertama.

Charcoal Waffles with Salted Egg Yolk Sauce

Siapa bilang jika telur asin tidak bisa dijadikan sebagai menu dessert? Anda bisa menyajikan saus telur asin bersamaan dengan ice cream. Perpaduan ini akan semakin sempurna karena ada waffle crispy yang diletakkan dibawah ice cream.

Prawn with Salted Egg Yolk

Selain ayam, seafood juga bisa dipadukan dengan saus telur asin. Udang yang sudah digoreng dengan tepung, dicampur dengan saus telur asin yang gurih. Menu ini akan disukai semua kalangan, apalagi jika dimakan bersama nasi putih hangat.

Chicken Wings with Salted Egg Sauce

Mirip dengan salted egg chicken, chicken wings with salted egg sauce juga menggunakan bahan dasar ayam. Bedanya, bagian ayam yang digunakan ialah bagian sayapnya saja. Balur sayap ayam dengan tepung, lalu goreng seperti biasa. Tambahkan saus telur asin agar rasanya semakin lezat.

Crispy Salted Egg Golden Corn

Salah satu chinese food ini bisa Anda tiru untuk dijadikan inovasi menu. Makanan ini berupa nasi krispi yang dicampur dengan jagung manis yang juga memiliki tekstur krispi dan telah dicampur dengan saus telur asin. Menu ini cukup mengenyangkan karena nasi akan dicampur dengan jagung.

Itu dia menu makanan berbahan telur asin yang bisa Anda jadikan sebagai ide berbisnis. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *