Ice Cream atau Gelato? Perbedaan Ice Cream dan Gelato untuk membuat Bisnis Ice Cream

Bisnis Ice Cream

Bisnis ice cream ternyata membawa banyak keuntungan. Pamflet bisnis ice cream pun dipasang sedemikian rupa agar menarik perhatian pelanggan. Akhir-akhir ini, banyak pengusaha es krim yang menggunakan kata “Gelato” pada usaha es krim mereka. Tapi, apakah Anda tahu rasa serta tekstur dari ice cream dan gelato itu sangat berbeda. Lalu, dimana lagi letak perbedaan dari ice cream dan gelato ini?

Perbedaan Ice Cream dan Gelato

Ada banyak perbedaan antara ice cream dan gelato. Gelato sendiri memiliki arti yang sama dengan ice cream yang berasal dari Bahasa Italia menurut travel.kompas.com. Tetapi, kini Gelato menjadi salah satu jenis es krim yang berbeda dengan es krim biasa. Hal ini terletak pad acara memasak serta cara menghidangkan kedua jenis ice cream ini.

Ice cream pada umumnya merupakan makanan beku yang berbahan dasar susu yang didinginkan sambal diaduk di dalam mesin es krim sampai mencapai kekentalan tertentu menurut Wikipedia.org. Pembuatan es krim sendiri biasanya memiliki lemak susu yang lebih banyak serta kekentalan seperti krim sehingga dinamakan es krim.

Sedangkan Gelato adalah salah satu jenis es krim yang memiliki lemak yang lebih sedikit dari pada es biasa. Sesuai dengan tradisi Italia, Gelato memiliki bahan susu yang lebih sedikit daripada ice cream. Sampai suhunya pun lebih tinggi karena Gelato memiliki tekstur yang halus walaupun dirasa padat. Untuk itu, Anda harus memiliki mesin ice cream Gelato yang sesuai dengan suhu dan cara pembuatannya.

Selain itu, ternyata bisnis ice cream Gelato juga mempunyai prospek yang bagus. Ini dikarenakan Gelato memiliki manfaat lebih dari pada ice cream biasa. Berikut manfaat Gelato yang perlu Anda ketahui sebelum membuka usaha ice cream ala Italia ini.

  • Memiliki Kandungan Lemak yang Rendah. Ini dikarenakan gelato memakai susu yang lebih banyak daripada krim sehingga rendah lemak dan padat dimakan.
  • Aman untuk ibu hamil. Mengapa bisa aman? Gelato sendiri pembuatannya tidak memakai pemanis atau tambahan buatan apapun karena semuanya terbuat dari bahan alami seperti susu, buah-buahan. Hal ini bisa menjadi rekomendasi untuk ibu hamil karena bisa mengatasi mual yang tengah dibantu oleh rasa buah-buahan dilansir dari manado.tribunnews.com.
  • Mengandung banyak vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh. Ini juga dikarenakan gelato memilii kandungan buah serta susu yang seimbang.

Nah, sudah mengerti perbedaannya dan manfaatnya bukan? Sebelum Anda membuka bisnis ice cream, Anda sebaiknya memahami hal tersebut agar tidak terjadi salah paham pada pembeli Anda nanti. Nah, setelah ini, kita bisa melihat kemana prospek ice cream atau gelato yang ingin Anda buat. Untuk itu, diperlukannya strategi yang maksimal untuk membuka usaha ice cream atau gelato ini.

Strategi Membuka Bisnis Ice Cream atau Gelato

Kini, bisnis ice cream mulai mewabah. Dalam arti, bisnis ice cream atau ice cream gelato ini ternyata memilki propek yang baik. Sebagai contoh adalah bisnis ice cream cone yang disediakan oleh restoran cepat saji seperti Mc Donalds. Dengan modal mesin serta merk yang sudah terkenal, usaha ice cream ini sudah masuk ke pelbagai tempat umum dari mall besar sampai tempat wisata.

Contoh lainnya yaitu Sunny’s Gelato. Mereka memamerkan rasa Gelato yang bervariasi dari green tea, tiramisu, dan rasa favorit lainnya. Tentunya semua ini membutuhkan strategi usaha ice cream maupun gelato yang tepat. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan.

Mengetahui Tujuan serta Tempat Bisnis Ice Cream Anda

Kemanakah pembeli ice cream atau gelato yang Anda tuju? Biasanya yang menyukai makanan beku ini adalah anak-anak kecil sampai remaja. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat dewasa yang mempunyai gigi yang kurang memadai untuk memakan makanan beku ini. Tetapi Anda bisa membuat strategi yang berbeda dengan memasarkan ice cream sehat Gelato.

Jika Anda menginginkan tujuan pembeli kepada anak-anak kecil atau remaja, Anda bisa memulai bisnis Anda dengan memperjualbelikannya di area sekolah atau kampus. Anda juga bisa memulai di daerah perumahan Anda yang notabennya banyak anak-anak kecil serta ibu rumah tangga. Atau jika Anda mempunyai investasi besar, Anda bisa mencoba membuka restoran Gelato di mall-mall kecil atau tempat wisata.

Mencari Harga Pasaran yang sesuai dengan Produk Ice Cream Anda

Usaha ice cream tentunya sudah banyak didalami oleh banyak pengusaha di Indonesia. Maka dari itu, Anda harus mengetahui harga pasar atau harga standar yang telah beredar di berbagai pengusaha es krim kompetitor Anda. Salah satu caranya adalah mencoba beberapa jenis produk es krim di sekitar tempat usaha Anda. Selain bisa mengetahui harga, Anda juga bisa menyicipi rasanya supaya bisa dibandingkan dengan rasa ice cream atau gelato yang Anda punya.

Mempunyai Modal Usaha

Modal tentunya sangat penting apalagi modal untuk usaha bisnis ice cream atau gelato ini. Sebelum Anda meminjma modal, pastikan Anda telah memiliki proposal bisnis ice cream supaya pemberi modal Anda yakin bahwa Anda memiliki prospek bisnis yang sukses dan akurat.

Bagaimana cara menghitungnya? Pertama, Anda harus membuat pengeluaran apa sajakah yang akan keluar jika menjalani usaha es krim ini. Jangan sampai tertinggal satu item pun karena semuanya akan terhitung pada nanti ketika bisnis telah berjalan. Setelah itu, perkirakan pemasukkannya juga dan bandingkan dengan pengeluaran Anda. Usahakan pengeluaran Anda lebih sedikit sehingga pemasukkan pun lebih banyak.

Untuk mendapatkan untung pun, tidak bisa hanya sekedar menjentikkan jari. Diperlukan beberapa minggu atau bulan atau bahkan tahun untuk mengembalikan modal usaha Anda. Pastikan pembukuan Anda jelas antara pengeluaran dan pemasukkan agar modal Anda digunakan sesuai yang diperlukan.

Memiliki Rasa Ice Cream atau Gelato yang Bervariasi

Kebanyakan pengusaha terutama di bidang ice cream ini hanya memasarkan satu hingga dua rasa es krim saja. Padahal, semakin banyak rasanya kemungkinan besar perhatian pelanggan untuk datang ke tempat Anda juga semakin besar. Ditambah dengan promosi yang akurat. Walaupun terkadang ada kasus yang berbeda contoh seperti es krim cone KFC yang masih menjadi idaman.

Nah, mengapa ice cream restoran cepat saji ini masih menjadi idaman masyarakat Indonesia? Ini dikarenakan label serta harga yang terjangkau membuat es krim ini semakin naik daun. Untuk itu, sebagai pembeda, Anda bisa menyalurkan rasa-rasa lain yang berbeda seperti rasa kopi, coklat terkenal, atau dengan porsi yang berbeda. Pastikan es krim Anda tidak monoton atau hanya satu macam saja.

Investasi Mesin serta Alat untuk membuat Ice Cream atau Gelato

Bagaimana cara membuat ice cream atau gelato yang benar? Anda tidak perlu lagi menggunakan cara lama seperti membuat es krim dengan diaduk terus menerus secara manual. Sekarang sudah banyak mesin canggih yang diperuntukkan untuk pengusaha seperti bisnis ice cream ini.

Salah satunya adalah mesin ice cream yang terdiri dari tiga rasa. Mesin ini diperuntukkan untuk pengusaha yang ingin mempunyai penjualan ice cream yang tidak hanya satu rasa saja, tapi sampai tiga rasa yang berbeda. Dengan mesin ini, Anda tidak perlu lagi mengaduk manual karena semuanya sudah diserahkan kepada mesin otomatis ini. Anda hanya perlu menyiapkan media es krim Anda seperti cone, gelas, atau bahkan roti untuk bisnis ice cream Anda.

Bagaimana? Mudah bukan mempunyai bisnis ice cream atau gelato ini? Keduanya sama-sama es krim tetapi memiliki bahan serta manfaat yang berbeda. Dan keduanya mempunyai keuntungan yang memuaskan jika Anda mempunyai strategi yang pas untuk bisnis es krim ini.

Sebagai dukungan usaha Anda, GoUKM menyediakan mesin-mesin makanan yang bisa Anda investasikan sebagai mesin untuk usaha Anda. Dapatkan >> e-Katalog Mesin dan Kemasan GoUKM << dan Voucher Diskon 10% untuk pendaftaran Kursus Pengusaha di GoUKM Training Center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *