Strategi Buka Usaha Minuman Segar dengan Bisnis Jus Buah yang Menyehatkan

Bisnis Jus Buah

Bisnis jus buah terbilang sangat banyak dan tentunya sudah menjamur dimana-mana. Dari perumahan sampai sekolah setidaknya ada satu tempat usaha yang memperjualbelikan jus buah ini. Lalu, bagaimana cara menyaingi pasar yang sudah mainstream ini? Anda tidak perlu khawatir. Yang Anda butuhkan adalah strategi baru untuk menyaingi bisnis jus ini.

Menilik Pasar dan Tempat Berjualan Anda

Untuk membuka usaha jualan jus buah ini, tentunya Anda harus melihat pasar atau target pembeli dan juga tempat yang akan Anda jadikan tempat usaha. Pasar Anda tentunya adalah anak-anak sampai orang dewasa. Walaupun demikian, Anda juga bisa menggunakan strategi lagi dengan memasarkan kepada lansia. Caranya adalah memberikan promosi bahwa Anda menjualkan produk atau jus yang sehat serta higienis untuk kesehatan tubuh. Tentunya buah memang banyak vitaminnya bukan. Menurut cni.co.id buah memiliki kandungan gizi, vitamin serta mineral yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Tempat berjualan pun harus strategis sesuai dengan target pembeli Anda. Jika Anda ingin menargetkan ke anak-anak kisaran 6-19 tahun, Anda bisa mencoba berjualan di kantin sekolah atau diluar sekolah. Untuk umum, Anda juga bisa memperjualbelikan produk Anda di dekat stasiun atau  dekat pintu masuk kompleks  Anda agar semakin terlihat. Intinya adalah Anda mengetahui bahwa tempat Anda layak untuk berbisnis dan dapat dibeli sesuai dengan target pembeli Anda.

Memilih Bahan dan Alat yang Berkualitas

Tentunya buah sendiri memiliki kualitas yang berbeda-beda. Ada yang cepat busuknya, dan begitu juga sebaliknya. Untuk itu, Anda harus memilih buah yang masih agak muda agar masa pembusukkannya lebih lama. Tapi, Anda juga harus menyiapkan buah yang matang sebagai penjualan di hari itu juga (ketika Anda membuka usaha Anda).

Buah Anda juga harus berkualitas. Dalam artian, pastikan buah Anda bersih dan tanpa bakteri. Jadi, Anda harus membersihkan buah Anda terlebih dahulu. Pastikan tidak ada yang busuk juga karena pembeli melihat buah Anda secara langsung dalam proses pembuatannya. Telitilah dalam memilih buah yang tepat.

Selain bahannya, Anda disarankan mempunyai blender sebagai mesin penggiling buah Anda dan juga mesin press plastik untuk penutup jus buah Anda. Harganya blender pun sekarang sudah terbilang murah. Pilihlah blender yang mempunyai daya kecil dengan power yang kuat. Begitu juga dengan blender, harga alat mesin press plastik ini masih dalam kisaran 300-400 ribu rupiah di toko mesin terdekat.

Bersaing dengan Harga Kompetitor yang Lain

Memang harga jus biasa sudah terbilang mainstream dari 5 ribu sampai 10 ribu rupiah. Anda bisa menambahkan harga baru dengan menambahkan potongan buah agar terlihat lebih berbeda dengan yang lainnya. Atau Anda juga bisa menambahkan topping enak seperti sereal, meises, atau coklat parut sebagai pelengkap.

Desain Kemasan yang Menarik

Anda pernah melihat minuman jus buah mangga dari King Mango? Ternyata produk ini hanya jus buah biasa yang ditambahkan potongan buah agar lebih enak dan nikmat. Ditambah dengan kemasannya yang unik, usaha jus buah ini ternyata memikat banyak peminat terutama anak muda sampai orang dewasa. Hal inilah yang bisa Anda tarik sebagai ide untuk bisnis jus buah Anda.

Nah, bagaimana dengan strategi bisnis jus buah ini? Tentunya sangat mudah sekali bukan? Jika Anda sudah mulai tertarik, Anda bisa melihat dari kompetitor Anda sebagai referensi. Berikut salah satu contoh untuk referensi usaha jus buah yang sudah terkenal dan sukses di Indonesia.

Es Teller 77

Apa itu es teller? Es teller adalah minuman dingin yang terdiri dari buah-buahan segar dengan tambahan sirup serta susu sebagai pelengkap. Sama-sama terbuat dari buah, es teller ini merupakan salah satu minuman khas Indonesia. Berawal dari lomba, seorang wanita bernama Murniati Widjaja tengah memenangkan sebuah lomba memuat es teller di daerah Jakarta. Dari sana, Ibu Murniati pun mempunyai ide untuk mempunyai gerai es tellernya sendiri yang diberi nama “Es Teller 77”.

Pada tahun selanjutnya, Bapak Sukyanto Nugroho berinisiatif untuk membuka gerai Es Teller 77  ini untuk dijadikan restoran cepat saji. Dari sinilah, gerai Es Teller 77 pun mulai menjamur dari kios kecil sampai mall-mall besar yang sampai sekarang telah dikenal di berbagai tempat umum.

Untuk itu, dibutuhkan niat yang besar untuk membuka sebuah bisnis. Apalagi bisnis minuman. Anda tidak perlu menjual minuman saja, jual juga makanan kecil sebagai pendamping minuman Anda. Gunakan semua ide kreatif Anda untuk membuat usaha jus buah ini. Mulailah dari kecil yang nanti akan menjadi besar.

Sebagai dukungan usaha Anda, GoUKM menyediakan mesin-mesin makanan yang bisa Anda investasikan sebagai mesin untuk usaha Anda. Dapatkan >> e-Katalog Mesin dan Kemasan GoUKM << dan Voucher Diskon 10% untuk pendaftaran Kursus Pengusaha di GoUKM Training Center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *