Macam Makanan Ringan Daerah di Seluruh Indonesia sebagai Usaha Kuliner

Makanan Ringan Daerah

Anda penikmat makanan ringan daerah di tanah air kita ini? Sebagai penikmat makanan tentunya Anda tertarik membuka usaha kuliner sendiri, apalagi makanan ringan di berbagai daerah di Indonesia ini sangat banyak ragamnya. Tidak perlu jauh-jauh ke daerahnya. Anda sendiri bisa membuka bisnis makanan ringan di rumah Anda.

Tips Sebelum Membuka Bisnis Makanan Ringan dari Berbagai Daerah

Bagaimana caranya membuka bisnis makanan ringan tradisional sendiri? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum membuka bisnis kuliner tradisional.

Mengenal Tipe Makanan yang Akan Dijual

Mengapa Anda harus mengetahui tipe makanan ringan yang akan jual? Karena ada makanan yang bisa diawetkan dalam waktu lama dan juga ada makanan yang mempunyai waktu kadaluarsa yang sebentar. Untuk makanan ringan, biasanya Anda harus mesin makanan seperti vacuum sealer. Ini sengaja dilakukan agar masa kadaluarsa jualan makanan ringan Anda lebih tahan lama.

Tentukan Lokasi Bisnis Makanan Ringan

Untuk menentukan lokasi bisnis makanan ringan yang tepat, tentunya Anda butuh survei terlebih dahulu. Pastikan tempat Anda sesuai dengan pembeli yang Anda targetkan misalnya jika Anda menjual makanan khusus untuk anak-anak, Anda bisa menempati kios Anda dekat sekolah atau kampus. Jika Anda ingin menjual makanan khusus orang dewasa seperti orang-orang kerja atau karyawan, Anda bisa memperjualbelikan di daerah sekitar kantoran.

Persiapan Modal untuk Usaha Makanan Tradisional

Anda ingin buka usaha tapi terkendala di modal? Di jaman modern ini, tentunya sudah banyak bank yang menyediakan peminjaman khusus untuk pengusaha atau biasa disebut dengan kredit usaha rakyat. Kredit ini adalah salah satu dukungan pemerintah Indonesia untuk membangun UKM-UKM kecil yang terkendala modal dan keuangan lainnya.

Merinci Pengeluaran dan Pemasukkan yang akan Dilakukan

Anda ingin membuka usaha dengan bekerjasama dengan bank atau lembaga keuangan lainnya? Tentunya poin ini sangat penting. Mengapa demikian? Karena pihak peminjam juga memeriksa bagaimana prakiraan keuangan Anda sebagai tanda bahwa Anda adalah pengusaha makanan ringan daerah yang dapat dipercaya.

Mulai Investasi Alat dan Mesin Makanan

Alat dan mesin makanan kini sudah mulai lebih simple dan tentunya lebih murah daripada mesin-mesin makanan pabrik. Mengapa harus menggunakan alat atau mesin makanan? Contohnya seperti vacuum sealer plastik. Jika Anda menggunakan mesin ini, maka produksi Anda akan semakin cepat dan mencapai target produksi dalam jangka waktu yang cepat. Masih ingin memakai cara tradisional padahal sudah ada yang otomatis?

Gunakan Strategi Kreatif untuk Promosi dan Iklan Usaha Anda

Bagaimana cara mempromosikan iklan usaha makanan ringan tradisional Anda? Anda bisa memasarkan jualan Anda dengan dua hal, yaitu offline (langsung ke pembeli) dan juga online (promosi iklan online lewat internet). Nah keduanya mempunyai strategi yang berbeda. Agar Anda lebih mudah, tentunya online bisa menjadi rekomendasi terbaik Anda. Ini karena internet mencakup seluruh orang di dunia. Tapi, jika Anda ingin berjalan santai tanpa harus memikirkan hutang, Anda bisa langsung menjual makanan ringan Anda di toko atau ruko terdekat.

Macam-macam Kuliner Daerah untuk Usaha Makanan Ringan

Setelah Anda mengetahui cara membuka usaha makanana ringan daerah di atas, sekarang mari kita bahas beberapa makanan ringan yang terkenal dari seluruh tanah air kita yang bisa Anda jual ke berbagai daerah.

Bisnis Kerupuk Kemplang

Makanan Ringan Daerah

Kemplang atau biasa kerupuk bangka ini ternyata banyak sekali peminatnya. Dilansir dari Wikipedia.org, kerupuk kemplang terbuat dari ikan trenggiri yang biasa ditemukan di Sumatra Selatan. Dengan tambahan saus sambal yang nikmat, kerupuk ini telah mencapai penjualan hampir ke seluruh Pulau Jawa dan Sumatra.

Makanan Ringan Lanting

Sebagai salah satu makanan ringan khas Jawa Tengah, makanan ringan lanting ini menjadi makanan cemilan favorit dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Menurut siswonesia.com, lanting ini dulunya mempunyai rasa yang monoton yaitu asin dan gurih saja. Tapi sekarang, lanting tersedia dengan rasa-rasa lain seperti pedas, manis dan sebagainya. Anda mungkin bisa menambahkan rasa lainnya sebagai usaha makanan ringan unik Anda.

Bakso Goreng atau Basreng Pedas

Apakah Anda penggemar bakso? Nah, makanan ringan dari kota Bandung ini ternyata juga sudah terkenal lho. Bakso yang digoreng sampai renyah dengan tambahan rasa pedas yang luar biasa menjadi  makanan camilan terenak khusus untuk penggemar makanan pedas. Mengapa luar biasa? Karena basreng sendiri diolah dengan rempah-rempah serta bumbu yang mengeluarkan sensasi pedas yang luar biasa. Jangan sampai Anda melewati makanan satu ini ya.

Kue Wajik Kletik asli Blitar

Anda pernah mencoba kue wajik? Dengan bungkusan kulit jagung, kue ini mempunyai rasa yang khas dengan bahan utama ketan putih. Campuran kue wajik ini adalah ketan putih, kelapa, dan gula. Walaupun masih terbilang basah, Anda bisa memperpanjang proses masa berlaku makanan ini. Anda bisa menggunakan juga kemasan plastik satu demi satu untuk memperlama proses kadaluarsa kue ini.

Bakpia Pethuk

Siapa yang tidak kenal dengan bakpia? Makanan daerah asli dari Yogyakarta ini merupakan campuran dari kacang hijau yang diselimuti dengan selimut tepung. Sekarang, ada banyak rasa yang ditawarkan bakpia ini seperti coklat, keju, bahkan sampai rasa buah durian.

Nah, Anda mulai tertarik membuka usaha makanan ringan daerah seperti di atas? Anda bisa melakukannya kapanpun dan jangan lupa niat yang kuat agar usaha Anda semakin sukses.

Sebagai dukungan usaha Anda, GoUKM menyediakan mesin-mesin makanan yang bisa Anda investasikan sebagai mesin untuk usaha Anda. Dapatkan >> e-Katalog Mesin dan Kemasan GoUKM << dan Voucher Diskon 10% untuk pendaftaran Kursus Pengusaha di GoUKM Training Center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *